TpC9TUzpGUr8GUC0TSzoBUY7BY==

Alfamart Menjadi Toko Retail Modern Terlaris di Indonesia




Trendsulsel.com-Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA) edisi Juli 2023, Alfamart berhasil menjadi toko retail modern terlaris di Indonesia pada tahun 2022 dengan kategori penjualan makanan, minuman, dan kebutuhan harian.


dikutip katadata.co.id, bahwa Berdasarkan data Euromonitor Alfamart mencatatkan pendapatan penjualan sebesar USD 7,62 miliar pada tahun 2022, yang meningkat sebesar 40% dari tahun 2021.


Alfamart berhasil menyalip Indomaret yang selama empat tahun berturut-turut menjadi toko retail modern terlaris. 


Pada tahun 2022, Indomaret yang biasanya menempati posisi pertama, tergeser ke peringkat kedua dengan pendapatan penjualan sebesar USD 7,6 miliar, yang tumbuh sebesar 22,7% dari tahun 2021.


Selain itu, toko retail modern lain yang memiliki pendapatan terbesar di Indonesia pada kategori yang sama adalah Alfamidi, Hypermart, Superindo, Transmart Carrefour, Carrefour, Lotte Mart, Circle K, dan Farmer's Market.


Meskipun demikian, mayoritas pendapatan penjualan eceran untuk produk makanan, minuman, dan kebutuhan harian di Indonesia masih berasal dari pasar tradisional.


Meski toko retail modern dan e-commerce terus menggerus pangsa pasar pasar tradisional, mereka masih memiliki pangsa pasar sebesar 23% pada 2022.


Di antara saluran retail modern, minimarket merupakan segmen terbesar, dan diperkirakan jumlah gerainya akan terus bertambah di kawasan permukiman penduduk serta berekspansi di luar Pulau Jawa.

Type above and press Enter to search.